The Blog

Foto Bersama Dosen, Ketua Jurusan, Pihak Fakultas dan Asesor

KSFISIPUNIB – Setelah 5 tahun jurusan Kesejahteraan Sosial Terakreditasi B. Kemarin, Jum’at (16/11) Jurusan Kesejahteraan Sosial kembali melaksanakan akreditasi.

Bertempat di Ruang Rapat Dekanat dan Ruang Seminar Jurusan Kesejahteraan Sosial yang dihadiri oleh dua orang Asesor dari BAN-PT (Badan Akreditasi NAsional Perguruan Tinggi), yakni Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos, M.Si dari Univeristas Padjajaran dan Dr. Deny Setiawan, M.Si dari Universitas Negeri Medan. Selain itu, kegiatan Akreditasi ini juga dihadiri oleh Dekan, para Wakil Dekan, Ketua Jurusan dan Dosen Kesejahteraan Sosial, serta User, Alumni dan juga Mahasiswa.

Suasana Akreditasi Jurusan Kesejahteraan Sosial

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai dari persiapan sampai dengan pelaksanaan Assesment Lapangan di tanggal 15-17 November 2018.

Penilaian dalam Assesment Lapangan ini merupakan bentuk verifkasi atas hasil AK atau pemeriksaan analisis kecukupan data dan dokumen yang telah dilakukan asesor pada tahapan sebelumnya.

Ibu Desy Afrita selaku ketua jurusan mengungkapkan bahwa “Akreditasi itu bukan sekedar peningkat A, B, atau C. Tapi esensinya adalah proses pengembangan prodi, yaitu terkait dengan penjaminan mutu. Melalui akreditasi ini, juga menjadi jaminan untuk mahasiswa dan masyarakat bahwa penyelenggaraan program studi ini telah sesuai dengan standar-standar”. “Harapannya dari asesmen yang dilakukan mendapatkan banyak masukan dari para asesor, yang akan menjadi bekal untuk prodi dalam penyempurnaan program dan peningkatan kualitas program jurusan” sambungnya.

Foto Bersama User dan Alumni Kesejahteraan Sosial

Kita sudah 4 kali melakukan akreditasi jurusan yaitu di tahun 2001, 2007, 2013, dan sekarang tahun 2018, karena jurusan ini merupakan jurusan yang paling tua, kita harus menjadi pioner, dan itu semua dapat tercapai dengan kita mendapatkan Akreditasi A. Tanggung jawab kita juga semakin besar dalam mempertahankannya, penilaian kemarin meliputi 7 Standar, diantaranya Standar 1 berisi Visi dan Misi, Standar 2 Tata Pamong, Standar 3 Kemahasiswaan dan Lulusan, Standar 4 SDM, Standar 5 Kurikulum Pembelajaran, Standar 6 Pembiayaan, Parasarana dan Sistem Informasi, dan Standar 7 tentang Penelitian, Pelayanan Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

WhatsApp chat