The Blog

KSFISIPUNIB – Kamis, (01/11) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universits Bengkulu sukses gelar acara Open Forum dengan Tema “Perempuan Desa dalam Pusaran Kemiskinan”, bertempat di Ruang Rapat Utama Rektorat UNIB dihadiri oleh para Dosen dan Mahasiswa yang merupakan perwakilan dari setiap UKM dan HIMA selingkup FISIP. Acara dibuka langsung oleh Dr. Ir. Sigit Sudjatmiko, M.Sc selaku Wakil Rektor bidang Sumber Daya, dalam sambutannya beliau menyampaikan kebanggaan terhadap FISIP UNIB karena telah menyelenggarakan acara Open Forum ini karena sejalan dengan salah satu program Universitas Bengkulu yakni mengentaskan kemiskinan di tingkat Asia.

Keynote Speaker pada Open Forum kali ini ialah Dr. H. Ali Sadikin, M.Si yang merupakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bengkulu.”Beberapa cara untuk mengatasi kemiskinan ialah dengan pemberdayaan, meningkatkan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan serta melakukan kesetaraan gender” tuturnya.

moderator sedang memandu jalannya diskusi

Dipandu oleh Yessilia Ossira, S.Sos, MP selaku moderator, Pada Open Forum kali ini menghadirkan 3 narasumber. Adapun narasumber tersebut ialah Dr. Putri Suci Asriani, MP selaku Kepala Pusat Studi Gender dan Keluarga Universitas Bengkulu, dalam penyampaiannya ia menyampaikan bahwa “Di zaman sekarang perempuan masih saja memiliki keterbatasan akses sipil dibandingkan laki-laki, dan hal penting lainnya ialah bahwa pemberdayaan perempuan ialah pemutus relasi kemiskinan”.

Narasumber yang kedua ialah Yuhelmi, Beliau adalah Ketua Kelompok Wanita Tani Desa Rindu Hati, kabupaten Bengkulu Tengah dan narasumber yang ketiga ialah Lilis Suryani yang merupakan perwakilan dari Kelompok Balai Perempuan. Yang menarik dari pemaparan Ibu Lilis Suryani adalah “Perempuan Desa itu bila bekerja salah, tidak bekerja bermasalah”. maka dari itu ia dan perempuan-perempuan di desanya berupaya keluar dari kemiskinan dengan cara melalui pemberdayaan perempuan melalui organisasi.

panelis dari jurusan Kesejahteraan Sosial sedang menanggapi diskusi pada open forum FISIP

Selain Keynote Speaker dan narasumber, ada juga  4 orang panelis yang bertugas untuk menanggapi diskusi dan menyampaikan pandangannya pada open Forum ini sesuai bidang ilmu keahlian masing-masing, mereka ialah Desy Afrita, A.KS.,MP dari jurusan Kesejahteraan Sosial, Dr. Hajar G Pramudyasmono, M.A, dari jurusan Sosiologi, Alimansyah, S.I.P., M.Si dari Jurusan Administrasi Publik, dan Dr. Lisa Adhrianti, S.Sos., M.Si dari jurusan Ilmu Komunikasi.

Open Forum diakhiri dengan tanya jawab dari peserta yang hadir serta penampilan seni dari UKM Cosmip FISIP UNIB dan di tutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada seluruh pengisi dalam open forum dan foto bersama.

foto bersama Keynote Speaker, narasumber, moderator dan panelis

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Your Comment*

Name*

Email*

Website

WhatsApp chat